Pasang Surut Air Laut Pasang Surut Air Laut | Berita Aneh Unik Dan Humor
Cara Terbaru

Anda mau tau? Disinilah Tempatnya!

Pasang Surut Air Laut

Pasang Surut Air Laut~  Saya akan membahas tentanag pasang surut laut Tahukah Anda ? Laut adalah perairan air asin. Hampir dua per tiga Bumi ini tertutupi oleh laut sehingga terlihat hamparan biru menghiasi Bumi ini. Pergerakan aliran air di laut terjadi setiap saat. Pergerakan ini biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti angin, gelombang air, pasang surut laut, serta arus dari aliran air tersebut.

Seiring dengan adanya perubahan iklim yang memiliki kecenderungan memanas, kenaikan permukaan air laut sering terjadi. Kenaikan air laut terkadang menyapu kawasan di sekitar air laut tersebut. Kejadian alam berupa kenaikan air laut tersebut dikenal dengan peristiwa alam pasang surut laut

Pasang Surut Laut - Gelombang Air Laut

Gelombang air laut merupakan sekumpulan partikel air yang bergerak memutar seperti membentuk lingkaran. Partikel tersebut akan jatuh pada titik awal lingkaran memutar tersebut berada
Gelombang air laut disebabkan oleh adanya hembusan angin yang memecahkan kawasan permukaan air laut. Hembusan angin akan mendorong untuk naik ataupun pasang air laut.
Gaya gravitasi akan menarik gelombang air laut menjadi menurun ataupun surut. Jadi, semakin kuat dan lamanya hembusan angin maka akan menimbulkan gelombang air laut yang berkekuatan besar.

Gelombang air laut dapat membahayakan bagi manusia. Gelombang air laut yang disebabkan oleh badai dapat menyebabkan hancurnya satu kapal laut bahkan dapat merenggut sebagian orang yang berdiri di pinggir daerah tersebut.
Gelombang air laut juga dapat bermanfaat manusia. Bagi seorang peselancar (surfer), gelombang air laut berkekuatan besar dapat dimanfaatkan untuk berselancar (surfing).

Penyebab Pasang Surut Laut


Peristiwa alam pasang surut laut merupakan naik turunnya perairan yang diakibatkan oleh pengaruh gaya gravitasi bulan dan matahari. Ada tiga penyebab terjadinya pasang surut air laut yaitu Matahari, Bulan, dan Bumi.
Pasang surut laut adalah hasil gaya gravitasi dan efek sentrifugal. Efek sentrifugal merupakan dorongan ke arah luar pusat rotasi Bumi.
Adanya gaya gravitasi Bulan yang besarnya dua kali daripada gaya gravitasi Matahari, mengakibatkan terjadinya gejala pasang surut laut. Gaya gravitasi Bulan lebih besar daripada matahari dikarenakan oleh letak bulan lebih dekat dengan bumi.
Selain itu, pasang surut laut dapat disebabkan oleh terjadinya perubahan iklim. Saat ini perubahan iklim tidak dapat diprediksi dengan tepat. Hal ini dikarenakan adanya gejala pemanasan global yang diakibatkan oleh kerusakan lingkungan. Kerusakan lingkungan ini seringkali ditimbulkan oleh manusia.

Adanya perubahan iklim ini maka permukaan air laut sering mengalami kenaikan. Selain itu, adanya pemanasan global mengakibatkan terjadinya pelelehan di Kutub Utara maupun Kutub Selatan. Dengan adanya peristiwa pelelehan es tersebut, dapat menimbulkan peristiwa alam pasang surut laut. 

Akibat Peristiwa Pasang Surut Laut

Peristiwa pasang surut laut dapat terjadi kawasan air laut manapun. Tingginya gelombang air laut setiap daerah sangat bermacam-macam. Kenaikan gelombang air laut yang paling tinggi yang pernah terjadi adalah di kawasan Lautan Pasifik pada tahun 1933. Pada saat itu, gelombang air lautnya mencapai 34 meter. Kenaikan tersebut merupakan kenaikan air laut dengan ketinggian 20 kali lebih tinggi daripada tinggi badan manusia pada umumnya.
Salah satu daerah yang rentan terhadap gejala pasang surut laut adalah Bangladesh, salah satu negara yang terletak di kawasan Asia Selatan. Daerah Bangladesh pernah tersapu oleh gejala alam pasang surut laut. Akibat yang ditimbulkan dari peristiwa tersebut adalah ombak yang bergulung-gulung, mampu menyapu beberapa daerah persawahan di Bangladesh. 

Pasang Surut Laut dan Gejala Tsunami


Masih ingatkah Anda tentang peristiwa tsunami di Aceh yang telah memakan ratusan ribu korban meninggal. Lalu, apa persamaan dan perbedaan antara tsunami dengan gejala air pasang di laut?  
Tsunami adalah gejala air pasang di laut. Namun, terjadinya kenaikan air laut tersebut memiliki kekuatan yang berbeda. Tsunami merupakan gelombang laut yang sangat besar yang timbul disebabkan oleh getaran permukaan bumi atau gempa. Selain itu, tsunami juga dapat disebabkan oleh meletusnya gunung berapi di bawah permukaan laut.
Adanya gempa dan meletusnya gunung berapi tersebut, akan menyebabkan gelombang air membesar dan juga menimbulkan ombak yang sangat besar. Gulungan ombak besar tersebut dapat menyebabkan kerusakan cukup besar. Bahkan menyebabkan tenggelamnya pulau.

Perhitungan Pasang Surut Laut


Terjadinya gaya tarik bumi serta benda langit (matahari dan bulan), gaya gravitasi bumi, perputaran bumi pada sumbunya, dan perputaran bumi yang mengelilingi matahari mengakibatkan pergeseran air laut. Salah satu akibatnya yaitu terjadinya pasang surut laut. Fenomena pasang surut laut ini adalah gerakan periodik sehingga pasang surut laut yang ditimbulkan bisa dihitung dan dierkirakan. 
Berdasarkan penelitian yang lebih dalam, diperoleh informasi bahwa setiap tempat yang mengalami pasng surut laut memiliki ciri tertentu, yakni besar pengaruh dari masing-masing komponen selalu tetap dan sering disebut dengan istilah tetapan pasng surut laut. 
Tetapan pasang surut laut tidak akan berubah selama tidak terjadi perubahan pada kondisi geografinya. Jika tetapan pasang surut laut untuk daerah tertentu telah diketahui, besar pasang surut laut untuk setiap waktu dapat diprediksi atau diramalkan. 
Terdapat beberapa metode yang sudah biasa digunakan untuk menghitung tetapatn pasang surut laut tersebut. Contohnya, metode Admiralty yang didasarkan pada data pengamatan selama 15 hari atau 29 hari. Metode Admiralty melakukan perhitungan dengan bantuan tabel dan akan menghaslkan tetapan pasng surut laut untuk sembilan komponen. 

Hadirnya perkembangan teknologi di bidang elektronika yang begitu cepat, pemakaian komputer mikro untuk menghitung tetapan pasang surut laut dan prediksinya akan sangat dimungkinkan. Berkaitan dengan hal ini, akan dicari cara tertentu untuk memproses data pengamatan pasang surut laut sehingg bisa ditemukan tetapan pasang surut laut dan prediksinya dengan car kerja yang lebih mudah. 
Proses perhitungan pasang surut laut dari komputer bersumber pada penyesuaian lengkung dari data pengamatan dengan metode kuadrat paling kecil, dengan memakai komponen-komponen yang dinilai memiliki faktor yang paling menentukan. Oleh karena itulah dibahas penurunan matematikanya dann pembuatan program untuk komputernya. 
Program komputer tersebut dirancang sedemikian rupa hingga proses perhitungan tersebut tinggal memasukkan data, sedangkan semua proses berikutnya akan dikerjakan oleh komputer. Perhitungan ditujukan untuk beberapa daearah pengamatan pasang surut laut dan waktu pengamatan yang berlainan. 

Di Indonesia sendiri, penagamatan pasang surut laut bekerjasama dengan pihak berwenang pelabuhan, Bakosurtanal yang memasang alat rekam data pasang surut laut otomatis di dermaga pelabuhan yang biasa disebut stasiun pasut. 
Automatically Water Level Recorder (AWRL) atau Alat rekam data pasut mencatat tinggi permukaan laut dengan otomatis dan terus menerus. Rekaman data yang berbentuk grafik, lubang-lubang kertas data pada stasiun pasut online, data pasut, dicatat serta setiap waktu bisa didownload melalui saluran telepon serta memakai modem. Selanjutnya dilakukan analias dan penyajian informasi pasang surut laut. Analisis pasang surut laut mencakup hasil hitungan yang mampu menjelaskan karakteristik pasang surut laut.  








Artikel Menarik Lainnya

0 Responses to “Pasang Surut Air Laut”

Posting Komentar